Minggu, 12 Februari 2017

Honda Mem-Patenkan System Pengereman Baru Pada Sepeda Motor..

Brader... Baru baru ini ada kabar dari Honda yang telah mempatenkan penemuannya terkait dengan sistem pengereman sepeda motor.. Sistem rem ini nantinya akan bekerja secara otomatis jika mendeteksi akan adanya tabrakan secara frontal..

Sensor akan mengirim sinyal ke ecu dan seketika rem akan bekerja secara otomatis untuk menghentikan laju kendaraan namun dengan tahapan tahapan tertentu,,..

Sistem ini sebenarnya bukan hal baru buat Honda.. Karna Honda sudah memiliki sistem yang sama, namun diaplikasikan pada mobil,.. Nah.. pada mobil Honda, System ini disebut CMBS atau "Collision Mitigation Braking System"..

Yup... Menurut Honda, sistem ini bekerja dengan adanya kombinasi kamera dan sensor radar yang terpasang di bagian depan mobil. Kamera dan sensor radar tersebutlah yang akan menggambarkan kemungkinan akan terjadinya kecelakaan secara frontal,..

Sistem ini akan memberi peringatan terlebih dahulu kepada pengendara sebelum menerapkan berbagai tingkat pengereman secara otomatis.

Honda menyebutkan, bahwa sistem ini memang tidak dirancang untuk mencegah semua tabrakan, namun setidaknya itu dapat memberikan driver mengambil kesempatan yang lebih baik dengan tindakan korektif. Dengan Mengurangi kecepatan agar membantu mengurangi keparahan akibat kecelakaan.

Untuk menerapkan sistem ini ke sepeda motor, Honda menghadapi tantangan tambahan, dimana Honda menambahkan sistem pengereman darurat otomatis dalam batas-batas tertentu untuk mencegah adanya gangguan terhadap pengendara yang dapat menimbulkan risiko tersendiri.

Ketika dirasakan akan adanya tabrakan potensial, sistem memeriksa untuk melihat apakah pengendara sudah mulai menerapkan rem. Jika demikian, sistem pengereman otomatis memberikan tekanan pengereman tambahan sambil menjaga rasio yang sama dari depan dan pengereman belakang sehingga terasa lebih alami untuk pengendara. Jika pengendara tidak menerapkan pengereman, medadak misalnya.. Sistem yang pertama akan mengaktifkan rem belakang untuk mencegah hidung menyelam (bagian depan motor bersentuhan langsung dengan obyek di depan).. Sistem kemudian menghitung koefisien gesekan dari permukaan jalan sebelum menentukan batas-batas pengereman yang tepat. Jika rem belakang mencapai batas kunci, sistem kemudian akan beralih berkerja pada rem depan yang akan memberi tekanan rem.

Sistem terus bekerja sampai sepeda motor dihentikan atau hambatan tidak lagi ancaman.

Nah mungkin nanti kedepannya, teknologi seperti ini akan jadi teknologi wajib bagi semua produk sepeda motor.. Namun kapankah hal itu akan terlaksana??? Se enggaknya Honda sudah memulainya .. iya gak brai????

sumber motorcycle.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar