Rabu, 04 Januari 2017

Cara Mengetahui Kode Tahun Perakitan Sepeda Motor

Mungkin buat sebagian orang sudah bukan rahasa lagi bahwa digit ke 10 dari nomer rangka kendaraan roda dua, adalah kode tahun perakitan kendaraan tersebut..

Yap....
Sebuah tabel yang saya dapatkan dari situs nya wak haji, mungkin bisa membuat sobat mengerti tentang tahun perakitan kendaraan roda dua nya..

Nah sebagai contoh saya akan memakai kendaraan sepeda motor saya untuk perbandingan..

Perhatikan tabel di bawa ini,..

Dan sekarang lihat digit ke 10 nomer rangka kendaraan di STNK motor saya..

Di situ tertulis angka 7, yang menandakan bahwa kendaraan saya memang di rakit pada tahun 2007..

Sebenarnya hal ini gak begitu penting bagi saya, karna sejak saya beli sepeda motor.. Sudah tertera bahwa sepeda motor saya pembuatannya memang tahun 2007... Namun ketika saya tahu motor teman saya yang sama persis stripingnya dengan motor saya, tapi beda warna.. Kok beda tahun pembuatannya... motor teman saya itu tahun pembuatanya adalah 2006...

Nah hal inilah yang menarik bagi saya untuk menuliskan artikel ini.. Siapa tahu konco konco isek ono sing urung ngerti motore rakitan tahun piro... ??
hiyo ra..??? heheheh

Semoga berguna ya bro hehehehe...

10 komentar:

  1. kalo cara lebih simpel nya gimana gan, kadang cuma liat plat nomor sudah hafal itu taun berapa gitu

    BalasHapus
  2. kalo cara lebih simpel nya gimana gan, kadang cuma liat plat nomor sudah hafal itu taun berapa gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. liat angka paling bawah pda plat mtor anda.cntoh jika tertera 10.22 artinya mtor anda pajak di bulan 10,dn gnti plat di thn 2022.krna prgntian plat tiap 5 thn skali maka 22 dikurangi 5.hasilY 17.maka mtor anda kluarn thn 2017

      Hapus
    2. Kalo nomor 02,24 itu hitungan mundur cara ny gimana gan

      Hapus
  3. Motor saya thn perakitan 2010 tp registrasinya thn 2014..gimana itu lur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf itu brrti ganti platnya thn 2010 apa 2014 nya..

      Hapus
  4. kalo 1.22 itu bagaimana soalnya motor rxking

    BalasHapus
  5. kalo 07.21 itu mksdnya thn brpa pembutan nya

    BalasHapus
  6. Gan, mau tanya dong. kalo mau tau bulan produksi nya gimana cara nya ?

    BalasHapus